WORKSHOP “POWER OF SPORT INDUSTRY 5.0” SEBAGAI PELUANG MENINGKATKAN JIWA WIRAUSAHA MAHASISWA 

Olahraga bukan semata kegiatan fisik yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Seiring perkembangan zaman, olahraga bisa menjadi objek untuk wirausaha tentunya dengan dibekali ilmu yang tepat. Hal tersebut akan menjadi peluang yang menjanjikan. Senada dengan Visi-Misi Program Studi Illmu Keolahragaan yaitu menjadi pusat pengembangan pendidikan bidang ilmu keolahragaan yang unggul di tingkat nasional dan menghasilkan lulusan ilmu keolahragaan yang cerdas, bermartabat, dan memiliki kemampuan berwirausaha.

Menghadirkan 2 entrepreneur dalam bidang Sport Industry, Program Studi Ilmu Keolahragaan – FIKS UNIPMA meyelenggarakan kegiatan Workshop dengan tema “Power of Sport Indutry 5.0”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (6/12/2023). Gedung Olahraga PPLP PT PGRI Madiun menjadi tempat diadakannya kegiatan tersebut. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 2 Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Keolahragaan-Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (IKOR-FIKS) dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD-FKIP).

Bapak Anggun Ari Wijaya, S.Si. sebagai pemilik Wijaya Sport merupakan pemateri pertama yang memberikan pemaparan tentang Industri Olahraga. Berbagai pengalaman yang telah dilalui disampaikan dengan lugas dan menarik. Dilanjutkan dengan pemateri kedua yaitu Bapak  Bekti Irawan, S.Pd., M.Si., seorang pemilik Vamos Futsal Academy. Penjelasan materi tentang peluang Sport Industry di era 5.0 yang merupakan gambaran masa depan dimana teknologi digunakan untuk memberikan solusi bagi masalah sosial, meningkatkan kualitas hidup, dan membawa dampak positif pada masyarakat secara keseluruhan. Selain itu motivasi yang sangat mengispirasi mampu menghipnotis peserta workshop. Satu pemateri lagi dihadirkan dari salah satu Dosen Prodi Ilmu Keolahragaan, Pak Ghon Lisdiantoro, S.Pd., M.Or. Selain sebagai Dosen, Beliau juga merupakan pendiri sekligus pemilik Pusdiklat PB. Ghontaro. Salah satu pusat pendidikan dan latihan (pusdiklat) yang terkenal di Kota Madiun.

Dokumentasi 1. Foto Bersama Pemateri, Dosen, dan Peserta Workshop

Dari materi yang telah disampaikan, mahasiswa diharapkan mampu membuka jendela baru yang mengantarkan mereka pada peluang Sport Industry di zaman yang semakin melaju dengan cepat. Tuntutan persaingan dan modernisasi harus bisa diimbangi dan dikuasai sehingga mahasiswa sebagai tombak generasi penerus bangsa mampu memegang pasar global melalui industri olahraga. Mampu menjadi pendiri dan pemilik, bukan hanya sebagai pemakai. Sehingga materi dan teori yang telah diperlajari selama kuliah bisa benar-benar diterapkan, bisa dimulai dari saat ini maupun saat mereka telah lulus nanti.