GELAR KEGIATAN WORKSHOP ASSESSMENT PHYSICAL LITERACY, PRODI ILMU KEOLAHRAGAAN FIKS UNIPMA HADIRKAN PEMATERI AHLI LINTAS PROVINSI 

Kegiatan workshop “Asesmen Physical Literacy” merupakan suatu kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains, Universitas PGRI Madiun (UNIPMA). Kagiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (20/10/2023) di Ruang Pertemuan Laboratorium Terpadu Universitas PGRI Madiun. Mahasiswa semester I, III, V, dan VII, serta Bapak/Ibu Dosen Program Studi Ilmu Keolahragaan mengikuti kegatan ini dengan antusias. Pakar/Ahli yang diundang untuk menjadi narasumber dalam acara workshop ini adalah Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS), Bapak Rahmat Permana, S.Pd., M.Pd.

Dokumentasi 1. MoU IKOR FIKS UNIPMA dan PGSD FKIP UMTAS

Kegiatan workshop ini dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains (FIKS),  Dr. drh.  Cicilia Novi Primiani, M.Pd. Ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Pakar/Ahli dari lintas Provinsi (Jawa Barat) dihaturkan dengan ramah. Pada kesempatan tersebut Dekan FIKS UNIPMA juga menyampaikan tentang kegiatan kerja sama dalam bidang Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT) agar selalu terjalin silaturahmi dan manfaat yang berkelanjutan antara Prodi Ilmu Keolahragaan – FIKS UNIPMA dan Prodi PGSD – FKIP UMTAS.

Dokumentasi 2. Peserta Workshop

Acara inti dari kegiatan workshop ini adalah penyampaian materi dari pakar/ahli. Pemateri yang kompeten mampu memberikan stimulus positif dan suasana baru bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan. Pemaparan yang luwes dan menyenangkan dapat menjadi motivasi bahwa teori dalam Prodi Ilmu Keolahragaan juga sangat perlu dipahami, dimengerti, dan kuasai, selain praktik lapangan yang pada umumnya dikedepankan. Selain itu, Bapak/Ibu Dosen Program Studi Ilmu Keolahragaan juga dapat menambah relasi dan bertukar materi melalui diskusi bersama Pakar/Ahli dengan tema workshop yang sudah disepakati.

Dari materi yang telah disampaikan mahasiswa mampu mengetaui dan memahami terkait penilaian kompetensi mendasar tentang Physical Literacy yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat, serta untuk bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, Mahasiswa mampu mengetaui dan memahami peningkatan kemampuan fisik dan kebugaran tubuh. Sikap dan emosi yang memotivasi mereka untuk hidup aktif. Terakhir, mahasiswa mampu mengembangkan physical literacy di dalam pembelajaran dengan upaya; brain breaks, active playground, active week program, memaksimalkan pembelajaran olahraga, dan kebugaran jasmani.